Tim Pengabdian FIS UNNES Selenggarakan Pelatihan Kewirausahaan Bagi Mahasiswa

0

SEMARANG (26/08) Tim Pengabdian Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang menyelenggarakan “Pemberdayan Kewirausahaan Mahasiswa melalui Pelatihan dan Pendampingan Online-Offline Guna Mencapai IKU”. Kewirausahaan mahasiswa dalam pencapaian Indeks Kinerja Utama (IKU) menjadi poin penting dalam pengembangan akademik dan orientasi pasca kuliah bagi mahasiswa. Kegiatan tersebut diketuai oleh Andy Suryadi, M.Pd., yang juga merupakan dosen Pendidikan Sejarah di FIS UNNES.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kewirausahaan mahasiswa di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial untuk mendorong pencapaian IKU dan  menjalin Kerjasama sinergis antar elemen dalam mengembangkan kewirausahaan mahasiswa.

Kegiatan diselenggarakan di Ruang Senat Fakultas Ilmu Sosial UNNES Gedung C7 Lantai 2. Kegiatan ini diikuti oleh 15 peserta yang tergabung dalam Tim Kewirausahaan FIS UNNES. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada 26 Agustus 2022. Sebelum dilaksanakan, sebelumnya telah dilakukan rapat bersama pra pengabdian yang diikuti oleh 15 orang dan dilaksanakan pada 12 Juli 2022 di Fakultas Ilmu Sosial.

Semangat dan antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan pelatihan menjadi salah satu faktor pendukung yang dapat manjadikan lancarnya kegiatan ini. Dekan FIS UNNES, yaitu Dr. Moh. Solehatul Mustofa dalam sambutannya menyatakan bahwa “kegiatan kewirausahaan bagi mahasiswa sangatlah penting, ini dapat menjadi modal dasar dalam membangun kemandirian ekonomi bagi masyarakat, sudah sewajarnya jiwa berwirausaha ditumbuhkan di kalangan mahasiswa.”

Selain Dekan, kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FIS UNNES dan Tim Kewirausahaan dari masing-masing jurusan. Dalam kesempatan yang sama Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Prof. Dr. Eva Banowati memberikan motivasi kepada peserta bahwa “untuk terampil dalam berwirausaha, maka mahasiswa perlu berlatih, melatih kewirausahaan mahasiswa dengan kolaborasi dan diskusi pengembangan kewirausahaan sangat diperlukan untuk era saat ini.”

Andy Suryadi, yang juga menjadi pembicara kegiatan menyampaikan bahwa “kegiatan ini perlu dilaksanakan berkelanjutan, artinya tidak berhenti sampai di sini, dalam berwirausaha dibutuhkan komitmen dan konsistensi.” Sambutan positif dari peserta dalam kegiatan ini, salah satu peserta memberikan apresiasi dalam kegiatan ini dengan menyampaikan keinginannya mengikuti program kewirausahaan yang diselenggarakan oleh FIS UNNES, di samping itu besar harapan kegiatan ini dapat dilanjutkan tahun berikutnya.

Kewirausahaan mahasiswa menjadi salah satu kunci keberhasilan pembangunan ekonomi yang mandiri, untuk melatih itu dibutuhkan kerjasama yang terukur dalam lingkup fakultas hingga universitas.

Leave A Reply

Your email address will not be published.